SEMINAR LATIHAN GABUNGAN PENEGAK (LAGAK) SE-MADURA 2018


Pada tanggal 18 Oktober 2018 yang bertepatan hari Kamis, Pangkalan SMA Negeri 4 Bangkalan gugus depan 01.159-01.160 mengutus 6 anggota dewan ambalan Gajah Mada dan ambalan Ratna Kencana untuk mengikuti kegiatan LAGAK SE-MADURA. Kegiatan LAGAK SE-MADURA tersebut diadakan di pangkalan Universitas Trunojoyo Madura. 2 anggota ambalan putra dan 4 anggota ambalan putri berangkat dalam keadaan sehat untuk mengikuti kegiatan tersebut mulai dari tanggal 18 Oktober 2018 sampai 20 Oktober 2018.
Kegiatan dimulai pukul 06.00 yamg diawali dengan check in peserta LAGAK SE-MADURA dan setelah check in peserta menaruh barang yang dibawa ke tenda yang telah disediakan oleh panitia. Penempatan tenda dipisah menjadi satuan putra dan satuan putri. Setelah selesai check in, seluruh peserta dan panitia melaksanakan upacara pembukaan SEMINAR LAGAK SE-MADURA yang bertempat di gedung cakra yang dimulai pukul 08.00 . Setelah pembukaan selanjutnya diadakan acara tukar wawasan dan makana setiap pangkalan. Setelah kegiatan tersebut peserta LAGAK SE-MADURA ishoma 1 jam. Ishoma selesai peserta melanjutkan kegiatan materi ke-1 yaitu ADMINISTRASI. Pemateri tentang materi pertama yaitu Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur. Peserta diberikan materi cara membuat proposal yang baik dan menarik serta disela-sela materi diberikan game yang membuat materi tersebut tifak membosankan. Selesai materi pertama selanjutnya ishoma selama 3 jam. Setelah ishoma yang panjang, para peserta diberikan materi ke-2 yaitu PEMADAMAN KEBAKARAN oleh DAMKAR Provinsi Jawa Timur. Para peserta diajarkan tekhnik pemadaman api menggunakan APAR dan menggunakan selang air dari mobil damkar. Kegiatan tersebut berlangsung sangat seru dan peserta tetap semangat walaupun kegiatan tersebut berlangsung dimalam hari. Selanjutnya peserta beristirahat menghitung bintang.

Dihari kedua kegiatan dimulai pukul 05.30, para peserta melaksanakan kegiatan senam pagi bersama panitia. Setelah mencari keringat para peserta membersihkan diri untuk bersiap diri melaksanakan kegiatan TOUR EDUCATION. Sebelum berangkat para peserta LAGAK SE-MADURA dibagi menjadi 9 kelompok. Perjalanan pertama peserta melaksanak wisata religi di kawasan makam Rato Ebu untuk melaksanakan do’a bersama dan menambah wawasan sejarah. Setelah itu peserta diarahkan ke Makam Syaikhona Kholil untuk melaksanakan sholat jumat bagi putra dan ishoma bagi putri. Setelah selesai beristirahat para peserta berangkat menuju home industry pengolahan salak. Para peserta lagak melaksanakan kegiatan praktek pengolahan salak di home industry, setelah selesai peserta dipulangkan ke buper untuk bersih diri. Setelah bersih diri dan beristirahat para peserta menampilkan penampilan per kelompok di acara Pentas Seni LAGAK SE-MADURA 2018. Setelah bergembira bersama di pentas seni, para peserta beristirahat berlayar ke pulau kapuk.
Di hari ketiga, hari terakhir kegiatan pertama sama seperti dihari kedua yaitu senam pagi. Setelah senam peserta bersih diri karena setelah senam acaranya Seminar Nasional tentang Peran Penegak Terhadap Pendidikan. Para peserta diberi materi tentan Peran Penegak Terhadap Pendidikan di aula gedung cakra. Setelah mendapatkan materi peserta dapat beristirahat selama satu jam. Setelah beristirahat diadakan musyarah penegak yang bertujuan mengevaluasi serta memberi saran tentang keseluruhan acara SEMINAR LAGAK SE-MADURA yang bertujan apabila kegiatan seperti ini diadakan kembali, kegiatan berjalan lebih baik dan menarik. Setelah bermusyawarah dilaksanakan upacara penutupan dan sayonara. Peserta dapat pulang kerumah masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *